Backup Aplikasi Android

Backup atau menyimpan aplikasi yang di instal di hp sangat penting dilakukan untuk memudahkan kita dalam banyak hal, misalnya saja dalam proses upgrade firmware atau melakukan format ulang pada handpone.  Saat melakukan tindakan seperti itu, sangat memungkinkan akan menghapus segala aplikasi yang kita telah install. Apabila semua aplikasi yang telah di install telah terhapus, maka kita dapat menginstal Aplikasinya kembali tanpa download ulang di Google Play melainkan langsung dari SD Card.

Tidak hanya hanya berfungsi memudahkan kita untuk menginstall aplikasi ulang, tetapi juga menjaga kemungkinan saat melakukan proses update aplikasi. Aplikasi versi terbaru tidak selamanya sempurna, selalu ada Bugs (Bugs yaitu suatu kesalahan, cacat atau kegagalan suatu kinerja sehingga menghasilkan perilaku yang tidak terduga yang umumnya timbul akibat kesalahan dalam pengkodean, desain dan lain sebagainya) Apabila terdapat bugs pada versi aplikasi yang terbaru, maka kita dapat menginstal aplikasi versi lama yang telah ter-backup.

Developer atau pengembang aplikasi tentunya akan selalu melakukan update untuk meminimalisir terjadinya bugs. Kita dapat menginstal aplikasi versi berikutnya lagi setelah developer bersangkutan melakukan update hingga kita yakin aplikasi tersebut tidak menunjukkan perilaku cacat pada perangkat kita. Di Google Play terdapat beberapa aplikasi yang khusus digunakan untuk kondisi-kondisi yang telah disebutkan di atas. Berikut beberapa aplikasi backup mulai dari yang canggih dengan banyak feature tambahan hingga yang paling sederhana.




App Backup & Restore tergolong aplikasi gratisan tanpa iklan dengan fungsi sederhana, namun sangat efektif untuk mencapai tujuan. App Backup & Restore menawarkan beberapa fitur seperti berikut:

- Backup aplikasi untuk kartu SD  
- Batch backup - Link Backup untuk aplikasi dilindungi 
- Pengembalian aplikasi dari SD card  
- Batch restore   
- Uninstall Cepat- Pengurutan berdasarkan nama aplikasi, instal tanggal, ukuran
- Backup Otomatis - Statistik penggunaan penyimpanan - Multi versi aplikasi backup  
- Search aplikasi dari Google Play 
- Mengirim file apk melalui email  
- Dukungan App2SD dan lainnya.






Titanium Backup menawarkan fitur backup secara gratis dan fitur tambahan lainnya hanya tersedia dalam versi berbayar saja.Adapun fitur dalam versi berbayar yang ditawarkan sebagai berikut.

- Backup / restore SMS, MMS, panggilan, bookmark, Wi-Fi AP sebagai XML
- Multi-data user app
- Apps freezer
- Sync ke / dari Dropbox (manual / terjadwal)
Sync ke / dari Box (manual / terjadwal)
Sync ke / dari Google Drive (manual / terjadwal) 
- TB Web Server: download / upload backup Anda sebagai ZIP tunggal pada komputer Anda 
- Mengkonversi aplikasi pengguna  
- Mengintegrasikan update sistem aplikasi ke dalam ROM
- Enkripsi
- Dalvik Cache cleaner
- Fitur-fitur tambahan lainnya.

Masih banyak aplikasi lain yang menawarkan fungsi serupa seperti di atas, diantaranya ROM Toolbox Lite, AppMonster Free Backup Restore , My Backup, Fast Uninstaller & Backup, dan lain sebagainya, tinggal menyesuaikan mana yang paling cocok untuk kita gunakan dalam keseharian.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Backup Aplikasi Android"

Post a Comment

PSP Emulator for Android, Popular Game & Android Phone List

There are several PSP emulators for Android available, and each one has its pros and cons. Some of the most popular ones are: 1. PPSSPP - PP...