Monitor Kinerja HP Android



Android memang unik, selalu berkembang dengan jumlah partisipan aktif berasal dari seluruh dunia. Pengembang individu maupun kelompok dalam berbagai bentuk partisipasi mulai dari sumbangan ide, sumbangan kode hingga sumbangan dalam b entuk aplikasi yang utuh. Pengembang atau dalam bahasa Inggrisnya yaitu developer selalu  haus akan inovasi baru setiap harinya.

Dari sekian banyak developer yang terkenal, kelompok XDA developerlah yang paling populer hingga saat ini. XDA developer membuat sebuah forum pengembang dengan mempersilahkan pengembang bergabung dari negara pun. Sebelum bergabung menjadi XDA developer,  pengembang diperingatkan bahwa forum XDA developer bukan ajang mencari popularitas, menjadi anggota XDA developer harus siap diacuhkan atau diabaikan oleh pengembang lain. Apa yang dilakukan yaitu menyumbang ide, kreativitas dan lainya yang bermanfaat. 

Sedangkan kalau belum mampu menyumbang ide lebih baik diam agar tidak menggangu.
Dalam XDA developer yang umum menjadi topik perbincangan yakni seputar ROM, ROOT, Launcher, Kinerja HP dan lainnya. Namun yang paling menonjol diantaranya adalah seputar ROM dan ROOT karena terkait langsung dengan kinerja HP. Untuk HP super seperti Samsung S3 mungkin ROM dan ROOT tidak terlalu diperlukan karena memang sudah memadai untuk tugas yang berat. Tetapi bagi HP medium ke bawah merupakan sesuatu yang sangat berarti karena mampu meningkatkan performance HP.

Tetapi sebelum melangkah ke XDA Developer ada baiknya kita terlebih dahulu mulai memonitor kinerja HP kita sendiri tanpa repot bertanya kesana kemari. Lantas bagaimana cara memonitor kinerja HP kita sendiri? Caranya mudah, kita dapat melakukannya melalui aplikasi yang tersedia di google play. Banyak aplikasi dengan tujuan yang sama tersedia dengan berbagai karakter tersendiri. 

Salah satu aplikasi yang terpopuler untuk memonitor kinerja HP yaitu OS Monitor.


Pada gambar sebelah kiri menunjukkan informasi bagaimana sistem bekerja. Tulisan hijau menunjukkan semua berjalan baik-baik saja dan kalau HP dalam kondisi seperti ini maka ciri-cirinya suhu HP tetap stabil. Jika kuning maka ada indikasi yang kurang sehat mungkin akibat install aplikasi baru yang ternyata berdampak mengganggu kinerja HP. Apabila tulisan merah maka itu adalah error, dalam kondisi ini dapat dipastikan suhu HP akan semakin meningkat. Biasanya HP terasa panas saat dipegang meskipun hp hanya dalam keadaan stand by.

Pada gambar sebelah kanan, menunjukkan berapa persen CPU yang dipakai oleh suatu aplikasi. Aplikasi yang berjalan dan sedang aktif akan menggunakan beberapa persen, sedangkan yang tidak aktif menggunakan nol persen saja. Untuk aplikasi Push seperti email, messenger dan serupa lainnya biasanya akan menunjukkan penggunaan CPU yang dinamis. Aplikasi akan terlihat loncat-loncat naik turun misalnya saja dalam beberapa detik akan menggunakan 5% CPU dan terus menerus berkelanjutan. Aplikasi yang berperilaku seperti ini biasanya menyedot lebih banyak energi baterai dan juga berpotensi membuat HP cepat panas.

Ada baiknya jika sebelum menginstal aplikasi dan sesudahnya melihat kinerja HP dengan OS Monitor, apakah aplikasi yang di instal berperilaku aneh atau tidak. Namun perlu di ingat, aplikasi yang loncat-loncat biasanya aplikasi yang menggunakan Push notification. Maka dari itu, kalau tidak terlalu penting dengan aplikasi email atau messenger lebih di uninstall agar baterai lebih irit. Tetapi kalau kita memang memerlukan penggunaan aplikasi yang demikian juga tidak ada masalah karena yang penting kita disini mengetahui sebab akibatnya.

Jika mAh baterai HP kita cukup lumayan besar misalnya saja di atas 1500 mAh maka aplikasi yang loncat-loncat bukanlah sesuatu yang perlu dipikirkan. Namun apabila ditemukan aplikasi standar seperti aplikasi catatan, Game, compas yang tidak digunakan namun tetap saja loncat-loncat lebih baik di uninstal. Hal itu umumnya disebabkan bugs pada aplikasi tersebut.

Demikian ulasannya, kalau ada kekurangan jangan diambil hati, karena saya ngebut nulisnya. Nulis sekali langsung jadi. :d

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Monitor Kinerja HP Android"

  1. Me with out you is like weed without a lighter...a girl without fire ..a car with out tyres ...love with out violence ...send this 7 times if you believe in these bullshit things ...an your day will be the best day ever tommorow ...

    ReplyDelete

PSP Emulator for Android, Popular Game & Android Phone List

There are several PSP emulators for Android available, and each one has its pros and cons. Some of the most popular ones are: 1. PPSSPP - PP...