Musik Player Keren di Android

Musik tidak dapat dipisahkan dari aktivitas kita sehari-hari. Banyak penelitian mengungkapkan berbagai manfaat musik, baik memainkan maupun hanya dengan mendengarkannya. Seperti yang diungkapkan Jan Born bahwa  "mendengarkan musik saat tidur terbukti mampu meningkatkan kemampuan memori otak." selain itu Jan Born juga mengungkapkan bahwa "musik pun dapat membantu peningkatan kualitas tidur seseorang" [1]
Tidak hanya itu, peneliti lain juga mengungkapkan banyaknya manfaat yang diperoleh dari mendengarkan musik seperti yang ditulis dalam kompas.com sebagai berikut.

1. Mood
Mendengarkan musik dikatakan dapat merubah suasana hati yang buruk menjadi lebih baik. Saat orang mendengarkan musik seringnya diikuti oleh senandung yang mencerminkan suasana hati yang tidak buruk. Banyak pula orang rela mengikuti antrean untuk menonton suatu konser musik dengan tujuan untuk mencari hiburan yang secara tidak langsung bearti bahwa musik tersebut memang benar dapat memberikan suasana hati yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. 


2. Fokus
Mendengarkan musik dikatakan dapat meningkatkan konsentrasi. Musik membuat orang menjadi lebih fokus dalam berpikir.  Bagaimana jika saat belajar kita mendengarkan musik? Mungkin sebagian orang akan menjawab lebih fokus dan sebagian lagi menjawab susah berkonsentrasi. Tetapi mungkin maksudnya bukanlah seperti itu, melainkan kebiasaan kita mendengarkan musik dalam keseharian. Semakin sering mendengarkan musik semakin mudah pula untuk memfokuskan pikiran terhadap sesuatu. 

3.Daya Tahan Tubuh
Musik memberikan manfaat meningkatkan daya tahan tubuh sebanyak 15 %. Mungkin hal ini berhubungan dari mood yang menjadi bagus dari mendengarkan musik dan mood yang bagus menghasilkan hormon tertentu yang ternyata membantu daya tahan tubuh menjadi meningkat.

 4. Kesehatan Mental
Musik dapat digunakan sebagai terapi bagi orang-orang yang mengalami gangguan mental. Sekarang sudah banyak ditemukan pengobatan terapi yang menggunakan musik ataupun kombinasi dari berbagai teknik yang didalamnya melibatkan musik.

5. Redakan Stress
Musik dapat meredakan stress. Banyak orang telah mengakui bahwa mendengarkan musik membantu mengatasi stress. Mendengarkan musik yang disukai akan membuat kita semakin relax baik pikiran maupun fisik. Maka dari itu musik sangat perlu didengarkan saat kita mengikuti suatu kegiatan yang sangat membosankan seperti mengikuti antrean, kemacetan di jalan, menunggu seseorang dan lain sebagainya agar tidak mengalami stress secara berlebihan.

6. Perawatan Pasien
Musik dikatakan memiliki dampak yang positif terhadap pasien-pasien yang memiliki penyakit jangka panjang seperti kanker, jantung serta kondisi pernapasan. Saat mendengarkan musik, pasien mengalami peningkatan kesehatan secara signifikan. Pikiran dan suasana hati yang baik merupakan kunci dari kesehatan. Ada pendapat yang mengungkapkan bahwa 70% penyakit datang dari pikiran dan sisanya adalah makanan dan kebiasaan buruk lainnya. 

"Musik dapat sangat berguna bagi seseorang yang berada dalam situasi di mana mereka telah kehilangan kontrol dari lingkungan eksternal mereka," kata dr Williamson.Selain itu Williamson juga mengungkapkan bahwa "Dengan musik mereka bisa mendapatkan kembali rasa kontrol itu, dan menciptakan ketenangan pada diri sendiri serta mencegah beberapa gangguan yang ada di sekitar pasien,"  [2]

Terlepas dari bagaimana manfaat musik secara ilmiah, tentunya dalam keseharian kita sudah sangat akrab dengan Handphone & musik. Banyak perusahaan Handphone yang mengunggulkan kemampuan produknya dalam memainkan musik, baik dari segi kualitas suara yang dikeluarkan, kapasitas penyimpanan musik, hingga kemudahan navigasi saat memainkannya.

Banyak pula perusahaan software yang khusus mengembangkan pemutar musik dengan menjanjikan keluaran musik yang lebih jernih saat didengarkan. Beberapa yang cukup terkenal hingga saat ini khususnya bagi kalangan pengguna Android adalah Winamp, Jet Audio, dan masih banyak lagi pemutar musik yang bagus dan dapat di download di Google Play seperti berikut.


A. TTPOD





 
 https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sds.android.ttpod
  
TTPOD merupakan musik player gratisan yang memberikan feature premium. Musik dapat dimainkan berdasarkan album, urutan berdasarkan nama alfabet file musik hingga memainkan musik berdasarkan folder. TTPOD menyatakan bahwa pemutar musiknya telah didownload lebih dari 10 juta kali. Selain itu, saat memainkan musik di TTPOD, lirik lagunya akan dapat secara otomatis di download. Dengan tampilan atau tema yang dapat digonta-ganti serta navigasi yang sangat mudah akan membuat mood kita semakin oke dalam mendengarkan musik. 


B. Winamp





 https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nullsoft.winamp

Siapa yang tidak kenal dengan pemutar musik Winamp? Pengguna PC tentu sangat akrab dengan pemutar musik yang satu ini. Tidak hanya di PC, di Smartphone Android Winamp hadir dengan ciri khasnya tersendiri. Dengan feature Sync antara Winamp PC dan Smartphone menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Meskipun demikian, beberapa feature yang disediakan hanya dapat dinikmati dalam versi berbayar.


C. Jet Audio




 https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jetappfactory.jetaudio
  
Pemutar musik yang satu ini selalu memberikan segudang feature bagi penggunanya. Hampir semua feature yang tersedia pada musik player di atas juga diberikan Jet Audio. Jet Audio menyediakan dua versi aplikasi yaitu versi gratis dan berbayar. Kelebihan versi berbayar hanya satu yaitu tidak adanya tayangan iklan saat memainkan musik. 


D. Power Amp





 https://play.google.com/store/apps/details?id=com.maxmpz.audioplayer

Power Amp lebih memfokuskan promosinya terhadap kualitas suara yang dihasilkan. Musik yang jernih sudah pasti membuat penggunanya menjadi lebih nyaman dalam mendengarkan musik. Serupa dengan Jet Audio, Power Amp memberikan versi trial selama 30 hari dan setelah itu pengguna harus membayar beberapa dolar untuk tetap dapat menggunakannya.

Demikian beberapa pemutar musik yang sangat bagus digunakan. Mana yang terbaik diantara pemutar musik barangkali kita akan memiliki pendapat yang berbeda-beda karena memang musik erat kaitannya dengan selera begitu juga pemutarnya.


Referensi : 

[1] http://www.metrotvnews.com/lifestyle/read/2013/04/15/913/146850/Manfaat-Mendengarkan-Musik-saat-Tidur 
[2] http://health.kompas.com/read/2011/12/14/15542246/6.Manfaat.Kesehatan.Mendengar.Musik



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Musik Player Keren di Android"

PSP Emulator for Android, Popular Game & Android Phone List

There are several PSP emulators for Android available, and each one has its pros and cons. Some of the most popular ones are: 1. PPSSPP - PP...