Cara Install ROM MIUI atau CyanogenMod (CM) di LG P970

Sebenarnya hal ini bukanlah sesuatu yang baru, namun demi kelengkapan informasi maka tidak ada salahnya jika saya sampaikan mengenai Custom ROM pada Android. Custom ROM merupakan firmware yang dikembangkan oleh pihak ketiga baik dengan cara berkelompok maupun secara individu. Ada banyak alasan mengapa orang tertarik mengembangkan hingga menggunakan ROM mulai dari mempercepat kinerja perangkat hingga sekedar tampilan yang menawan. 

Namun, seperti apa yang telah kita dengar dan lihat bersama belakangan ini dunia dihebohkan dengan kehadiran suatu aplikasi messenger yaitu Blackberry Messenger atau yang sering disebut dengan BBM. Messenger besutan Blackberry itu menuntut perangkat Android dengan versi 4.0 ke atas yang berarti perangkat di bawah versi 4.0 tidak dapat menikmatinya. 


Dengan kehadiran Blackberry Messenger tersebut pengguna Android dengan versi di bawah 4.0 pastinya ingin mensiasati agar serta merta dapat menikmati aplikasi besutan Blackberry tersebut. Dengan demikian, menginstall ROM dapat memberikan jawaban selain membeli perangkat yang baru. Lantas bagaimana cara menginstall ROM ?

Untuk menginstall Custom ROM pada dasarnya sama saja antara satu perangkat dengan perangkat lainnya dan sekalipun ada perbedaan maka tidak akan begitu mencolok. Meskipun demikian, ada tata cara tersendiri yang harus diperhatikan saat melakukan proses Root pada masing-masing perangkat.

Mengenai cara install ROM kali ini saya fokuskan pada perangkat LG P970 atau yang biasa disebut LG Optimus Black. Perangkat lain juga dapat dilakukan dengan cara yang serupa namun harus tetap menggali informasi sebanyak-banyaknya agar tidak terjadi kesalahan.  


Adapun cara menginstall ROM pada LG P970 Gingerbread adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan perangkat sudah di Root terlebih dahulu. (untuk melakukan root pada perangkat silahkan lihat disini untuk android 2.3)
  2. Jika sudah di Root, maka selanjutnya tinggal menginstall aplikasi Reboot di Play Store.
  3. Download MIUI ROM atau CyanogenMod ROM untuk LG P970 dan simpan di SD Card (Biarkan ROM dalam format zip dan jangan di ekstrak)
  4. Buka aplikasi Reboot dan pilih Reboot Recovery (jika ada notifikasi superuser maka pilih "Allow")
  5. Setelah Reboot maka pilihlah wipe data/factory reset
  6. Dilanjutkan dengan wipe cache pertition
  7. Kemudian pilih install zip from sdcard 
  8. Selanjutnya Choose zip from sdcard dan pilih ROM yang telah di download sebelumnya. 
  9. Kemudian akan ada konfirmasi apakah kita benar-benar mau menginstall file ROM yang telah kita download sebelumnya. Lanjutkan dengan pilih Yes.
  10. Setelah proses selesai maka kita kembali ke menu awal dengan memilih go back dan pilih Reboot.
  11. Proses selesai dan selamat menemukan pengalaman baru.
CM ROM biasanya juga memerlukan GAPPS agar dapat menginstall playstore dan jika playstore sudah dapat diinstal maka abaikan saja langkah ini. 

Berikut langkah-langkahnya. 
  • Pertama-tama silahkan download GAPPS untuk CM dan simpan di SDCARD 
  • Reboot Recovery
  • Choose zip from sdcard
  • Choose zip from sdcard
  •  file GAPPS
  •  Go back & Reboot.

Cara yang lebih praktis untuk install Custom ROM  dapat menggunakan aplikasi ROM MANAGER atau TITANIUM BACKUP yang tersedia di GooglePlay.

Semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Install ROM MIUI atau CyanogenMod (CM) di LG P970"

PSP Emulator for Android, Popular Game & Android Phone List

There are several PSP emulators for Android available, and each one has its pros and cons. Some of the most popular ones are: 1. PPSSPP - PP...