5 Aplikasi Note untuk Bloger 2016

Banyak aplikasi yang tersedia di playstore dibuat untuk berbagai maksud dan tujuan. Secara garis besar tujuan dari aplikasi adalah untuk selalu memenuhi kebutuhan konsumen. Meskipun demikian, tidak semua kebutuhan  tersebut dapat dirangkum dalam satu aplikasi karena beragam batasan  baik karena pengalaman hingga perspektif yang berbeda.

Di era yang semakin digital kini ada satu jenis aplikasi yang kehadirannya sangat menonjol dibanding tahun sebelumnya yaitu aplikasi catatan atau notes. Kehadirannya semakin bervariasi, mulai dari yang sekedar untuk mencatat maupun memang berprofesi sebagai penulis seperti para blogger yang selalu haus akan ide serta inspirasi dalam menulis.

Keterampilan menulis yang diperlukan sebenarnya terbilang gampang saja karena bloger umumnya lebih suka menulis secara sederhana dan mudah dimengerti layaknya komunikasi lisan dalam keseharian. Terlebih lagi jika sudah mendapatkan ide tentang apa yang hendak ditulis maka jari-jaripun tak tertahankan lagi untuk menari di atas keyboard.

Namun permasalahannya ketika ide mulai terasa sulit ditemukan. Ada beberapa fase yang menyebabkan penulis untuk berpikir bahwa ide menjadi kian langka. Di sisi lain blog atau web harus tetap update agar tidak digilas oleh kerasnya persaingan sehingga mau tidak mau serta melalui cara apapun juga ide harus digali lebih mendalam pada kondisi apapun dan dimanapun.

Sedangkan pada kenyataannya daya ingat manusia semakin lama semakin menurun selain karena faktor usia juga diakibatkan oleh derasnya informasi yang begitu cepat dan padat. Tidak mungkin semua informasi yang sudah diperoleh dapat disimpan dalam ingatan semata. Informasi yang dirasakan bernilai sebagai sebuah ide harus di simpan atau dicatat agar kelak dapat diolah kembali. Sekecil-kecilnya suatu catatan informasi akan bernilai besar jika sudah dikembangkan.

Untuk mencatat informasi yang berharga itu dibutuhkan aplikasi notes. Sekarang ini aplikasi notes sudah tidak langka seperti beberapa tahun sebelumnya. Ketersediaan aplikasi ada yang hanya berfungsi sederhana hingga yang super lengkap bahkan sampai yang paling rumit sekalipun. Tinggal menyesuaikan kebutuhan serta selera masing-masing agar perasaan tetap nyaman saat menulis.

Setelah menelusuri berbagai aplikasi notes yang tersedia di playstore, akhirnya saya menemukan setidaknya 5 aplikasi yang memang pantas digunakan untuk mencatat informasi berharga ataupun ide khususnya bagi para blogger. Berikut 5 daftar aplikasi notes tersebut.

1. WriterPlus
Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh developer independent dengan mengusung konsep "keep it simple" Anda buka, anda tulis dan anda tutup. Kekurangan menurut banyak orang adalah suatu kelebihan, begitu juga halnya pada aplikasi WriterPlus, tidak ada feature glamor yang memusingkan kepala sehingga perhatian kita tetap fokus pada apa yang kita ingin tulis.

WritterPlus interface

Tampilan WriterPlus
Mengenai interface yang disediakan adalah Light dan Dark. Tema Light sangat cocok untuk disiang hari sedangkan tema dark cocok untuk di malam hari khususnya pada suasana pencahayaan yang remang-remang.  Tampilannya sederhana namun nyaman dimata saat digunakan untuk menulis. Respon aplikasi sangat cepat, tidak ada kemunculan flash start up yang mengganggu mata saat dibuka.

Meskipun sangat sederhana, aplikasi yang satu ini juga menyediakan fitur untuk antisipasi untuk kemudahan dalam pencarian seperti Tag seandainya catatan sudah berjumlah banyak. Berikut daftar fitur yang disediakan tersebut.

☆ Open, Edit, Save plain text file
☆ Folder support
☆ Keyboard shortcuts
☆ Markdown format
☆ Word and Character Count
☆ Undo & Redo
☆ Share
☆ Night Mode
☆ Android Material UI style
☆ Robust and Stable, High performance
☆ Battery friendly, Limited system resource usage
☆ Absolutely FREE! Great support!
Writer Plus mendukung penggunaan Bluetooth Keyboard dan beberapa shortcuts:
☆ ctrl + a : select all
☆ ctrl + c : copy
☆ ctrl + v : paste
☆ ctrl + x : cut
☆ ctrl + z : undo
☆ ctrl + y : redo
☆ ctrl + s : save
☆ ctrl + f : share
Aplikasinya terlihat seperti "penulis banget"  namun jika digunakan pada tablet 7 inch tulisan terlihat agak mencolok ke dalam karena memang desainnya seperti itu. Mungkin suatu saat akan dirubah tergantung developernya sendiri.
Selanjutnya adalah aplikasi Notes yang sudah populer sejak lama, yaitu ColorNote.

2. ColorNote
ColorNote dari sekian tahun kehadirannya masih tetap bertahan dengan tema serta fitur yang disediakan. Tidak ada perubahan yang berarti pada aplikasi yang satu ini kecuali berbagai perbaikan pada bugs.  Aplikasi yang satu ini masih saja ngotot untuk tidak menghadirkan folder serta Tag tertulis dan sampai sekarang tetap bertahan pada pengelompokan warna semata. Mungkin saja fiturnya tetap dijaga sedemikian rupa agar tetap sesuai dengan nama aplikasinya yaitu COLOR note.

Colornote 
Kalender ColorNote

Menurut perkiraan saya Colornote lebih banyak digunakan untuk mencatat poin penting saja oleh penggunanya karena aplikasinya sederhana dan cepat. Kesederhanaan serta kecepatannya itu membuatnya cocok digunakan untuk mencatat segala ide yang terlintas. Meski demikian aplikasi Colornote juga cocok untuk menulis dengan panjang lebar yang mampu dihandle dengan sangat ringan.

Untuk lebih jelasnya kita simak fitur mendasar yang ditawarkan ColorNote sebagai bahan perbandingan dengan aplikasi notes yang lain.

* Fitur *
☆ Mengatur catatan berdasarkan warna
☆ Widget Catatan Tempel
☆ Centang untuk Agenda & daftar Belanja
☆ Mengatur jadwal Anda di kalender
☆ Sandi Kunci catatan: Lindungi catatan Anda dengan kode akses
☆ Mengamankan cadangan catatan pada penyimpanan SD
☆ Mendukung cadangan dan sinkron online
☆ Anda bisa menyinkronkan catatan antar telepon dan tablet.
☆ Pengingat pada status bar
☆ Tampilan Daftar/Petak
☆ Cari catatan
☆ Buku Catatan Mendukung ColorDict Add-on
☆ Pengingat yang Kuat : Waktu Alarm, Semua hari, Pengulangan (kalender lunar).
☆ Memo cepat / catatan
☆ Tautan Wiki : [[Tittle]]
☆ Bagikan catatan melalui SMS, email, twitter
☆ Gunakan warna untuk mengkategorikan catatan.
*Cadangan online dan layanan sinkron cloud*
☆ Catatan akan di enkripsi sebelum di unggah menggunakan AES stAndar Bank Security.
☆ Tidak akan mengirim catatan apapun ke server bila Anda tidak mendaftar.
Colornote juga pas digunakan pada tablet, tidak ada margin text yang terlalu mencolok ke dalam atau terlalu kepinggir. Lalu bagaimana dengan aplikasi note yang lain? kita simak selanjutnya.

3. Simplenote
Aplikasi berikutnya adalah simplenote. Meski namanya simple namun fiturnya tidaklah sesimple WritterPlus. Catatan ini sudah menyediakan fitur auto sync yang berarti sudah mendukung sync online secara otomatis. Simplenote tergolong populer diantara para penulis dan sering menjadi pilihan utama karena tampilan yang sederhana namun bisa diakses melalui apa saja termasuk PC baik melalui aplikasi simplenote untuk versi windows sendiri maupun langsung melalui web.

Tampilan Simplenote 

Simplenote Night Mode

Menu Simplenote
Simplenote hanya mendukung text saja karena konsepnya memang dibuat untuk menulis. Pastinya sangat cocok untuk tulisan yang panjang lebar karena interfacenya dioptimasi demikian, warna yang dipilih tidak mencolok mata serta tidak ada tampilan tombol fitur yang berpotensi mengalihkan perhatian penulis. Ketika membuka aplikasi pengguna akan langsung mempunyai pikiran untuk menulis dan menulis, tidak perlu lagi setel sana-sini ataupun pusing dengan berbagai loading dan sync saat membuka maupun menutupnya.

Aplikasi ini juga memiliki tema yang serupa seperti WritterPlus yakni light dan dark. Secara umum aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur seperti berikut.

 Sort Order (untuk menyusun catatan berdasarkan waktu dan alphabet)
 Font Size (untuk merubah ukuran huruf)
 Theme (Tema light dan dark)
 PIN (untuk mengamankan catatan dari orang yang tidak diinginkan)
 Sync (Sync catatan ke server web Simplenote)
 Tag (tag atau label catatan)
 Trash (berfungsi sama seperti recycle bin pada komputer )
 Search (melacak catatan yang sudah pernah dibuat)
 Manual Share (bagikan catatan kepada aplikasi android lainnya )
 Wordcount (menghitung jumlah kata pada catatan)
 Publish (mempublikasikan catatan)
 History (menampilkan history atau catatan sebelum di edit)

Simplenote juga cocok digunakan pada tablet karena setelah digunakan tidak ada kendala sama sekali.

4. Nimbus Note
Nimbus Note sudah terbilang canggih. Setiap catatan sudah dilengkapi dengan checklist tinggal pilih apakah digunakan atau tidak. interfacenya mirip simplenote yang tetap simple namun elegan. Sudah mendukung fitur sync online dan backup offline namun tidak ada aplikasi versi windowsnya seperti simplenote.



Nimbus Note tidak hanya mendukung media text namun juga media lain seperti gambar, file, video dan audio. Theme yang disajikan juga memadai yaitu light dan dark. Aplikasi yang satu ini juga pas digunakan pada tablet yang tentunya membuat kita semakin mudah dalam membaca atau mengedit catatan.

Berikut rincian fitur dari Nimbus Note.
 Capture all your ideas with text notes and photo notes;
 Record audio and video notes;
 Add photo, images, audio and video to notes;
 Create checklists and to-do lists;
 Offline access to your notes;
 Time reminders;
 Location reminders;
 Phone number reminders;
 Light and Dark themes;
 Tags to label so that you can find your notes easily;
 Subfolder support;
 Create your to-do list for every note;
 Protect your notes with lock screen;
 Search notes;
 Specify a location for every note on map;
 Widgets for list notes;
 Widget for separate notes;
 Widget to quick note creation;
 Share notes via email, Twitter, Facebook;
 Sync notes across any mobile devices and nimbus.everhelper.me

5. Gnote
Aplikasi senior ini terbilang canggih diantara semua aplikasi di atas. Gnote sudah hampir mirip dengan evernote namun sangat ringan saat digunakan. Tidak ada beban biaya bulanan, tidak harus terkoneksi internet setiap mencatat. Secara umum aplikasi yang satu ini memang dapat diandalkan baik untuk mencatat sesuatu dalam keadaan darurat maupun santai sambil ngopi.
Tampilan Gnote
Selain pada webnya sendiri, aplikasi yang satu ini juga dapat sinkron dengan gmail yang artinya segala catatan kita akan tersimpan di email kita. Hanya ada satu kekurangan pada note yang satu ini yaitu tidak adanya aplikasi versi windows pc seperti evernote, onenote atau simplenote. Namun yang paling penting tetap nyaman digunakan pada android layar besar seperti tablet.

Berikut beberapa rincian fitur yang disediakan oleh Gnote yang memang dari kelahirannya tidak ada pengurangan atau penambahan fitur selain perbaikan bugs.

Berikut beberapa rincian fitur yang disediakan oleh Gnote.
 GNotes supports cloud synchronization, and all notes can be synchronized with Gmail as well.
Text, checklist, photo, image, voice memos, handwriting, painting are all available in GNotes.
 “Reminders” can be set in notes, and “Lock” can enhance privacy of your data.
 “Search” can help you find the exact info anywhere in GNotes. 
☆ Data can be both imported and exported.

Demikianlah beberapa aplikasi notes yang khususnya bagi para blogger. Tinggal dipilih mana yang paling mampu memenuhi kebutuhan serta sesuai dengan selera masing-masing. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Aplikasi Note untuk Bloger 2016"

PSP Emulator for Android, Popular Game & Android Phone List

There are several PSP emulators for Android available, and each one has its pros and cons. Some of the most popular ones are: 1. PPSSPP - PP...