Aplikasi Diary Gratisan di Android


Diary atau umumnya disebut catatan harian pada dasarnya merupakan catatan yang bersifat sangat pribadi tentang kejadian atau fenomena yang terjadi pada waktu itu. Seseorang dalam menulis diary umumnya selalu mengungkapkan sesuatu yang mengandung beberapa unsur seperti; perbuatan, kejadian, perasaan, ide/pikiran dan sesuatu yang terjadi di luar diri si penulis seperti deskripsi orang lain dan atau keadaan lingkungan sekitar.

Kata diary juga terkadang disebut dengan journal. Umumnya diary lebih ditujukan untuk pencacatan terhadap sesuatu setiap hari dan penulisan pada journal umumnya dilakukan lebih jarang. Seseorang yang menulis diary disebut dengan diarist dan sekarang ini diary tidak hanya terbatas pada kepentingan individu namun juga untuk institusi, pemerintah, masyarakat, bisnis hingga militer.


Meskipun diary digunakan oleh berbagai pihak, namun kali ini kita akan mengulas kegunaan menulis diary untuk kepentingan pribadi. Secara sepintas orang mungkin berpikir menulis diary itu tidak memiliki kegunaan. Tentu pikiran yang demikian kurang tepat karena kegunaan menulis diary yaitu sebagai cermin perilaku kehidupan si penulis. Segala catatan yang ditulis akan memberikan kesan tertentu saat dibaca beberapa lama kemudian setelah penulisan. Saat membaca kembali  tulisan di diary maka akan terdapat nilai-nilai seperti baik /buruk, bagus/jelek , tepat/kurang tepatnya kejadian pada saat itu.

Kesadaran akan nilai tindakan yang dilakukan pada waktu kejadian itu ditulis sangat penting artinya mengingat hal itu membuat manusia berbeda dari makhluk lainnya. Dalam penulisan diary tidak ada aturan baku seperti penulisan dalam karya tulis ilmiah. Namun yang pasti, antara kejadian satu dengan yang lainnya dipisahkan oleh waktu yang jelas seperti tanggal, waktu  atau jam untuk mempermudah dalam membaca kembali.

Dalam penulisannya sangat dianjurkan menggunakan buku tulis yang tahan lama dan tebal agar tidak mudah luntur dan cepat habis. Model buku tulis dipilih yang sesuai dengan selera masing-masing agar tidak mudah bosan mengingat akan digunakan dalam waktu yang lama. Tinta umumnya menggunakan tinta basah dan berwarna hitam dan ini memberikan kesan diary yang klasik ala tokoh terkenal pada waktu dulu. Namun sekarang penulis dapat lebih berkreasi lebih mudah karena ketersediaan sarana yang lebih menunjang.

Sarana yang tersedia tidak hanya terbatas pada buku catatan conventional namun juga tersedia dalam bentuk digital. Diary dapat dicatat pada laptop, PC, handphon dan lainnya. Pada handphone khususnya android memiliki banyak dukungan aplikasi diary yang berbayar dan gratisan. Pada diary berbayar tentunya memiliki keunggulan seperti tidak adanya iklan yang muncul saat menulis diary dan sebagainya. Namun berbeda halnya dengan aplikasi diary gratisan yang memberikan feature premium, jumlahnya dapat dibilang belum terlalu banyak.

Beberapa aplikasi diary termasuk di dalamnya jurnal gratisan yang memberikan feature premium khususnya tidak mengandung iklan yaitu sebagai berikut.













Flava adalah aplikasi catatan jurnal tetapi banyak orang juga menggunakannya sebagai diary. Flava dapat di tulis melalui PC atau Android karena didukung fasilitas sinkronisasi online. Flava juga menjamin kerahasiaan data yang ditulis sehingga penulis tidak perlu merasa khawatir dalam mencurahkan semua hal-hal yang bersifat sangat rahasia sekalipun. Flava mendukung konten text, photo, video hingga catatan suara dengan tampilan yang atraktif.


MOMENT DIARY




  

Moment Diary merupakan aplikasi khusus yang memang diperuntukkan untuk menulis diary. Aplikasi ini dilengkapi dengan kalender untuk memudahkan pengguna melihat catatan yang telah ditulis sebelumnya berdasarkan tanggal. Moment diary membutuhkan kapasitas penyimpanan memory yang kecil namun tetap mendukung feature yang optimal untuk pencatatan diary.







Memories dapat dikatakan sebagai aplikasi diary yang sangat profesional dalam tampilan serta feature. Penulisan diary dapat dilengkapi dengan peta lokasi penulisan diary hingga keadaan cuaca setempat. Seperti pada umumnya aplikasi diary, Memories menunjang catatan yang disertai photo atau gambar. Catatan diary akan di backup pada SD card yang berarti data-data yang tersimpat dapat di copy ke komputer untuk menjaga kemungkinan yang terburuk misalnya handphone mengalami kerusakan dan sebagainya. Memories memberikan feature gratis untuk semua fungsi pencatatan diary kecuali pada penambahan widget yang harus dibayar dengan harga yang sangat terjangkau.


Demikian beberapa aplikasi diary gratisan namun tetap memiliki kualitas premium. Tentunya masih ada dan akan ada aplikasi-aplikasi baru dan serupa di Google Play yang tidak kalah menariknya. Sangat sulit untuk menentukan aplikasi diary mana yang terbaik di antaranya karena hal itu sangat bergantung pada selera pribadi masing-masing.



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Aplikasi Diary Gratisan di Android"

PSP Emulator for Android, Popular Game & Android Phone List

There are several PSP emulators for Android available, and each one has its pros and cons. Some of the most popular ones are: 1. PPSSPP - PP...