Cara Update LG P970 ke Official ICS Firmware Indonesia

HP LG P970 atau yang dikenal dengan nama LG Optimus Black memang smartphone yang tidak pernah habis kalau dibicarakan. Mulai dari root, ROM hingga yang paling dominan adalah update firmware ke ICS. Terkait dengan firware ICS, tentunya sudah dapat di download di situs-situs smartphone. Firmware America, Korea , Indonesia dan lainnya termasuk di seluruh dunia sudah ada yang memfasilitasi agar dapat digunakan untuk nge-flash.

Namun, bagaimana seandainya kalau kita ingin melakukan update ke ICS secara resmi (official update) ? sudah tentu kita akan mendapatkan banyak saran agar membawa smartphone kita ke Customer Service terdekat. Memang benar, tetapi LG sebenarnya sudah memberikan alternatif lain yaitu dengan melakukan update di rumah tanpa harus kemana-mana. Lantas bagaimana caranya melakukan update official firmware ICS khususnya versi Indonesia di rumah ?

Untuk melakukan official update ICS di rumah, caranya sangat gampang. Tinggal sediakan PC atau laptop yang dilengkapi dengan internet modem kabel. Mengapa modem kabel ? Modem kabel umumnya memiliki koneksi yang stabil alias tidak terputus-putus. Koneksi yang tidak putus-putus meski kecepatan tidak begitu tinggi akan mendukung kelancaran dalam proses update. Bagaimana dengan wifi atau broadband? wifi atau broadband boleh saja, tetapi kita harus yakin terlebih dahulu dengan koneksi wifi atau broadband agar tidak putus di tengah jalan.

Kalau seandainya putus di tengah jalan, tentu  ada resiko yang ditanggung. Salah satu resiko yang mungkin ditanggung yaitu kita perlu melakukan recover  atau yang paling minim resikonya adalah mengulang proses update dari awal. Apakah ada resiko yang lain? saya sendiri belum pernah mengalami koneksi internet selama update, jadi kemungkinan yang lain tetap mungkin terjadi. Dalam hal ini apabila berminat dan berusaha tentu saja Resiko ditanggung sendiri.

Selama melakukan proses official update ICS saya sendiri tidak pernah mengalami kondisi internet terputus, jadi semua proses update berjalan lancar-lancar saja. Bagaimana langkah-langkahnya dapat dilihat sebagai berikut.

#Kunjungi Web Site resmi LG  
http://www.lg.com/au/support-mobile/lg-Optimus-Black-P970#software_panel

  
# Berikutnya, download semua software dukungan dan install di komputer atau di laptop

Setelah semua di download dan instal, kemudian pastikan semua driver, software sudah terinstal dengan baik. Setelah itu, buka aplikasi support tools dan periksa pembaruan.

LG Support Tools dalam kondisi belum terhubung dengan Handphone.
Sangat penting untuk mem-backup semua data yang ada di handphone agar lebih aman meskipun saat ngeflash dengan cara ini data kita tidak terhapus. Setelah semua di backup, maka langkah selanjutnya yaitu menghubungkan Handphone dengan USB kabel bawaan ke Laptop atau PC atau lebih mudahnya kita juga dapat menghubungkan handphone terlebih dahulu sebelum membuka LG Support Tool maka pembaruan ke ICS akan secara otomatis terlihat. Apabila sudah terlihat pembaruan berikutnya tinggal ikuti perintah selanjutnya dengan hati-hati dan tunggu hingga proses update selesai yang tampak seperti gambar berikut.

 
Proses Upgrade Firmware ke V30C Indonesia sedang berjalan 8%

Proses Upgrade Firmware ke V30C Indonesia sedang berjalan 10%

Proses Upgrade Firmware ke V30C Indonesia telah selesai.

Setelah proses selesai maka HP kita restart dan selamat menikmati Official ICS.
Kalau masih ada pertanyaan, bisa ditanyakan pada kolom komentar. Terima kasih semoga bermanfaat.



TAMBAHAN
Apabila kita tidak melalukan update firmware saat itu juga, maka LG Support Tools akan otomatis berjalan tiap komputer dihidupkan. LG Support Tools akan secara otomatis memberitahukan bahwa Handphone kita memiliki firmware yang perlu di update yang tampak seperti pada gambar berikut yang versi terakhirnya yaitu versi V30C Indonesia. 



Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Cara Update LG P970 ke Official ICS Firmware Indonesia"

  1. makasih banyak hp oblak saya sudah jadi bisa di upgrade sendiri

    ReplyDelete
  2. mau tanya gan..
    kok tdk mau jalan ya,
    muncul ini
    c:\programdata\LGMOBILEAX\Image\dot.gif contains an invalid path.

    knapa ya gan..tks atas penjelasanyan

    ReplyDelete
  3. Masalahnya itu mungkin terletak pada driver LG P970 yang tidak terpasang dengan baik di PC , sebelum melakukan update pastikan PC dengan HP tersambung dengan baik. Drivernya versi terbaru terkadang membawa masalah, nanti saya coba upload driver versi lama su[paya dapat berjalan dengan baik tanpa hambatan.

    Oh ya, Kalau masalah upgrade ke ICS saya lebih suka menggunakan smartflash (http://arinata-mmc.blogspot.com/2012/12/cara-flash-lg-p970-menggunakan.html) , lebih mempersingkat waktu dan lebih aman.

    ReplyDelete
  4. selamat malam ...
    ane ada LG ku5900 apakah itu produknya sama lgp970....?
    terus apakah install firmware ics tanpa unlock bootloader tiidak menyebabkan hardbrik....?
    salam kenal Sholeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam juga bos, LG ku5900 itu sama dengan LG P970 versinya lokalan Korea.
      Tapi saya belum pernah pegang LG Ku5900 jadi kurang tahu bagaimana resikonya dengan install firmware ics tanpa unlock bootloader.

      Coba telusuri lebih lanjut di forum-forum agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
      /// Salam kenal juga , Ari.

      Delete
  5. gan ane pakek lg p970 udah pakek cm10.4.1.2 masalah ane..pengen kembali ke rom bawaan hp.gmn gan ?mohon solusix trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya flash firmware bawaan dengan smartflash. Sebelum ngeflash, pastikan driver HP terpasang dengan baik pada PC / laptop --> http://arinata-mmc.blogspot.com/2012/12/cara-flash-lg-p970-menggunakan.html

      Untuk file smartflash bisa didownload disini http://www.4shared.com/folder/LqCaMR3R/LG_P970_Driver.html

      Delete
  6. mas saya sudah update ke versi ini ICS. tapi setelah selesai update kok soft key atau 4 tombol yg dibawah jadi susah banget dipencet ya mas? kisara 1:10an kali baru mau dipencet. namun kalo saya buka tutup batrai blkg, agak lebih mau dipencet, tapi ketika saya charge si soft key itu berjalan lancar mas. adakah solusinya? makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau update menggunakan cara di atas kemungkinan download firmwarenya kurang sempurna. Biar lebih aman silahkan tanyakan ke service center LG. (kalau di tempat saya pelayanannya cepat bisa langsung tunggu)

      Delete
    2. saya sudah coba dengan install rom lain, serta flash ulang hasilnya ttp sama. kemungkinan hardware nya kah mas?

      Delete
  7. Om oblack aq dah d upgrade k ICS,.klo pengen d downgrade lg k roti jahe gmna cara'y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya ada disini bro --> http://arinata-mmc.blogspot.com/2012/12/cara-flash-lg-p970-menggunakan.html

      Delete
  8. Makasih tutor'y dah berhasil d downgrade.,punya saran CM jellybaen ya bgus apaan om??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu. Untuk semua versi CM selalu ada Bugs. Bugs paling umum pada GPS dan kamera jadi turun kualitas gambarnya. Jadi menurut saya semua CM hampir sama. Masih bagusan Rom Zeus yang lebih stabil daripada CM. Tapi itu pendapat saya pribadi, Mas Riyadi coba aja pilih2 CM di sini : https://download.cyanogenmod.org/?device=p970 , mungkin ada yang cocok dengan Mas Riyadi.

      Delete

PSP Emulator for Android, Popular Game & Android Phone List

There are several PSP emulators for Android available, and each one has its pros and cons. Some of the most popular ones are: 1. PPSSPP - PP...