Review Xiaomi Redmi Note 3 Setelah Pemakaian 4 Bulan

Xiaomi Redmi Note 3 merupakan kelanjutan dari generasi sebelumnya yaitu Xiaomi Redmi Note 2. Keduanya serupa tapi tak sama, keduanya memiliki perbedaan yang sangat kentara. Perbedaannya terletak pada body serta dukungan slot memory card. Namun kali ini saya tidak akan membahas masalah perbedaan itu, melainkan review Xiaomi Redmi Note 3 itu sendiri setelah pemakaian  4 bulan versi garansi distributor (bukan official). Mari simak ulasannya sebagai berikut.

Flagship Redmi Note 3

Body Metal
Body Xiaomi Redmi Note 3 terbuat dari bahan metal. Tutup baterai tidak bisa dilepas karena baterai sudah ditanam dari pabriknya. Saat digenggam body Xiaomi tidak "krecek-krecek". Jarak frame LCD dengan body tidak ada renggang. Bisa dikatakan build quality-nya sudah menyaingi smartphone High-End merk lain.

Saat berada dalam genggaman, Xiaomi Redmi Note 3 terasa lebih berat jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 2 atau Meizu M2 Note. Beratnya kalau ditimbang adalah 164 g (5.78 oz). 

Layar
Ukuran layar Xiaomi Redmi Note 3 : 5.5 inches (~72.4% screen-to-body ratio)
Ukuran resolusi / kerapatan pixel : 1080 x 1920 pixels  / 403 ppi pixel density

Ketajaman layarnya tidak usah diragukan lagi, kualitas layar sama dengan pendahulunya Xiaomi Redmi Note 2. Tetapi jika dibandingkan dengan Meizu M2 Note, ketajaman Meizu M2 Note terasa sedikit lebih tajam.

Tidak ada gambar atau tulisan pecah-pecah saat browsing maupun main game. Tidak ada kesan layar mengembun seperti layar HP dengan resolusi kecil melainkan tampak jernih dari berbagai sudut.  Ketika diuji dengan software, layarnya support hingga 10 Touch.

Saat sinar LCD di tes dalam ruangan gelap dengan full black screen color, sama sekali tidak ada cahaya LCD yang tidak rata. Semua cahaya layar tersebar merata yang sekali lagi menunjukkan build quality-nya patut diacungi jempol. Penilaian secara keseluruhan mengenai layar menurut saya adalah "mantaaap bro!".

SIM Card
Handphone ini memiliki dua slot SIM card, dan kedua SIM dapat digunakan untuk koneksi internet dengan jaringan 4G. Semua kartu GSM bisa digunakan untuk 4G asal kartunya sudah support 4G. Biasanya kartu lama harus dibawa terlebih dahulu ke Customer Service SIM Card bersangkutan agar diganti dengan kartu 4G.

Baterai
Xiaomi Redmi Note 3 memiliki  Non-removable Li-Po 4000 mAh battery.
Baterai tahan digunakan seharian. Penggunaan sosial media seperti Facebook, BBM, Whatsapp lewat begitu saja tanpa beban. Waktu charge dari 0% hingga 100% rata-rata hanya memerlukan waktu 2 jam jika menggunakan original charger karena outputnya sudah 2A.

Untuk daya tahan baterai menurut saya sudah sangat sesuai perbandingannya antara daya baterai dengan ketahanannya. Maksudnya, daya baterai yang ditulis pada box bukan akal-akalan belaka. Secara keseluruhan saya sangat senang dengan ketahanan baterainya.

Speaker Musik
Untuk mendengarkan musik, suara Xiaomi Redmi Note 3 tergolong keras dan memuaskan. Musik dangdut koplo hingga rock terdengar utuh. Bahkan pada volume maksimal suara tidak beser atau pecah pada frekuensi tinggi sekalipun. Singkatnya, handphone ini sangat cocok bagi yang hobi mendengarkan musik dengan handphone. 
Interface Music Player - Xiaomi Redmi Note 3



MIC
Untuk feature perekam suara hasilnya terbilang jernih tidak krecek-krecek. Kepekaannya pun terbilang cukup baik. Merekam rapat penting di kantor atau merekam merdunya suara burung peliharaan, handphone ini dapat diandalkan. 

Kamera 
Kalau build quality-nya bagus, body, speaker dan layarnya jernih, pasti kamera tidak jauh dari itu. Apalagi kamera merupakan salah satu senjata andalan pada smartphone. 

Kamera belakang : 13 MP, 4128 x 3096 pixels, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone)
Video : 1080p@30fps
Kamera depan :  5 MP, f/2.0, 1080p.



Kamera utama - Xiaomi Redmi Note 3


Kamera Selfie - Xiaomi Redmi Note 3 
Video Frame Rate - Xiaomi Redmi Note 3

Hasil jepretan terbilang jernih. Sangat layak untuk mengabadikan momen berharga dalam aktivitas keseharian. Berisi 2 Lampu Flash kamera yang cukup untuk memfoto suatu objek dalam gelap meski lampu flashnya masih kalah terang jika dibandingkan dengan LG G PRO 2 misalnya, tetapi kita tidak selalu berada dalam kegelapan bukan ? Lagipula solusinya sangat gampang jika berada dalam kegelapan, cukup tambahkan lampu flash ekternal maka semuanya akan beres.

Hasil Jepretan bisa dilihat pada gambar berikut : 

Jepretan Xiaomi Redmi Note 3 Pagi Hari Saat Berkendara Motor Kecepatan 60 Km/Jam.

Jepretan Xiaomi Redmi Note 3 Jarak Dekat, Kondisi dalam keadaan Mendung (Flashlight OFF)

Processor - RAM 

Berbicara masalah smartphone pasti tidak jauh dari game yang erat kaitannya dengan prosesor dan ram sebagai penunjang peforma. 

Chipset : Mediatek MT6795 Helio X10
CPU  : Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU : PowerVR G6200

RAM
versi internal memory 16 GB : 2 GB RAM
Versi internal memory 32 GB : 3 GB RAM

OpenGL Xiaomi Redmi Note 3



Processor Xiaomi Redmi Note 3

Graphic Xiaomi Redmi Note 3
Mengenai peforma, saya hanya menjelaskan versi 16 GB dengan 2GB RAM saja karena saya tidak memiliki versi 32 GB - 3GB RAM.  

Saat digunakan untuk main sekelas Clash of Clan, sama sekali tidak ada kendala. Namun terkesan agak sedikit lambat (bukan lag patah-patah) saat memainkan game Shadow Fight dan Shadowgun Dead Zone tetapi game masih layak untuk dimainkan, kalau dibilang peforma saat memainkan kedua game tersebut bisa dikatakan mulus tetapi tidak super mulus (mulus kurang dikit :D). 

Setelan autodetection pada graphis saat memainkan Shadowgun Dead Zone adalah tertuju pada LOW, yang mungkin ini dipengaruhi oleh versi GPU. Untuk para gamers kelas super berat lebih baik pilih yang versi RAM 3 GB saja untuk menjamin kepuasan main game berat. 

MEMORY CARD
Handphone ini tidak memiliki slot memory card, jadi harus cukup dengan internal memory saja. Untuk mengatasinya, bisa disiasati dengan USB OTG atau rajin-rajin menyimpan file galery di komputer laptop. Kalau suka menginstal banyak aplikasi lebih baik pilih yang versi 32 GB - 3GB RAM.

Security / Keamanan
Security atau keamanannya sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Tidak perlu takut tombol power akan rusak karena kita tidak perlu lagi mencet tombol power untuk unlock. Cukup jari (jari mana saja) di tempel pada panel sidik jari maka handphone akan terbuka. Selain unlocknya super cepat, juga keamanannya terjamin.

OS
OS-nya sendiri adalah Android OS, v5.0.2 (Lollipop). Sudah bisa menginstal aplikasi terbaru di Google Play Store. Sementara ini sudah support semua aplikasi di play store, jadi jangan khawatir tulisan "Perangkat anda tidak kompatibel" tidak akan muncul. 

Versi ROM MIUI 7 (Update Otomatis ) 


Theme / Tema
Tema sudah tersedia dengan berbagai macam gaya, mulai dari yang paling lebay hingga paling sangar sudah tersedia di MI store. Sebagian gratis dan sebagian bayar, banyak juga tema buatan orang Indonesia yang tampil impressive. Misalnya tema SEMAR yang menonjolkan tokoh pewayangan semar yang sangat terasa "Indonesia". Sayangnya pembelian tema dengan pulsa belum support di Indonesia. 

Karena kebetulan saya suka menggunakan tema warna hitam, maka tampilan interface saya setel dengan tema hitam agar bagian dalamnya pun terlihat.

Salah satu tema Xiaomi Redmi Note 3

Salah satu tampilan tema Xiaomi Redmi Note 3
Salah satu tampilan tema Xiaomi Redmi Note 3

Salah satu tampilan tema Xiaomi Redmi Note 3


Beragam tema yang dapat di download pada Theme Store MIUI

Harga
Mengenai harga resmi bisa dilihat pada situs resminya di sini  Untuk harga distributor yang bukan resmi dapat beragam, bisa lebih murah atau lebih mahal.

Kesimpulan
Secara keseluruhan menurut penilaian saya saat menggunakan Xiaomi Redmi Note 3 sangat memuaskan. Cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, harganya sedang tetapi tidak terlihat sedang-sedang saja. Bahkan menurut saya kualitasnya sendiri melebihi harganya jika mengacu pada smartphone merk lain yang pernah saya gunakan.

Tips
- Saat menggunakan Xiaomi Redmi Note 3 jangan lupa untuk menggunakan Softcase agar body tidak lecet. 
- Gunakan screen guard atau pelindung layar yang memadai untuk menghindari goresan. 
- Gunakan selalu charger originalnya agar daya lebih cepat terisi dan yang paling penting baterai tidak cepat drop. 
- Jangan mencharge HP dari malam sampai pagi, karena selain pemborosan listrik juga berpotensi mengganggu kinerja baterai.
- Jangan sampai jatuh dan kena air. :D 
Kalau ada pertanyaan dan saran jangan lupa untuk menyematkannya pada kolom komentar. Thx

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Review Xiaomi Redmi Note 3 Setelah Pemakaian 4 Bulan"

  1. kamu membeli nya dimana yaa? garansi resmi atau distributor?

    ReplyDelete
  2. saya baru beli hp xiomi redmi note 3pro 3/32gb baru seminggu pake. saya perbaruhui hp tersebut lalu tak hidup2 ... apa masalahnya??

    ReplyDelete
  3. Gan, please infonya. Baru beli redmi note 3 pro yg katanya rom MIUI Global 7.3.2.0 Nah ada 3 problem :
    1. Batre sempet ga mau di charge pada saat keadaan batre 0% atau mati total. Udah coba 24 jam ga naik2. Akhirnya coba pake cas redmi lain bisa, dan balik pake cas redmi punya ane eh balik normal jg.Itu masalah dmn nya ya?
    2.GA BISA RECORD VIDEO!! (nangis bombay) Press record button ga terjadi apa2. Coba pake aplikasi jg failed to record. Udah coba factory reset ga berhasil jg. Pusying..
    3. Hp kadang ngeluarin bunyi aneh kaya kresek2 halus bunyi mesin.
    Ini gmn ngatasinnya ya gan? Mau claim garansi tapi katanya bless jelek bgt bisa berbulan2 atau ga balik tu hp :( Please help :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan ini namanya lagi apes karena ada 2 kemungkinan :
      1. HP agan mungkin beli HP refurbish (hp bekas dipoles baru) , atau
      2. HP agan mungkin bener2 cacad pabrik.
      Agan claim aja garansinya meski agak lama, kalo hp udah normal nanti bisa dijual lagi. Sementara itu pake HP cadangan lain aja dulu.
      Saran ane itu aja.

      Delete
  4. haloo kakak, saya pake xiao mi red mi note 3, bru umur 3 bulanan lahh, terus ini skrg batre ngedrop parah, bahkan posisi lg charge pun batrenya ga mau nambah, malah persennya ngurang, nah loh. bingung ga kak? saya sih bingung T_____T mana batrenya batrea tanaaamm :( ada solusi ga kak harus ngapain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. CHARGERNYA HARUS BAWAAN DARI XIAOMI ITU SENDIRI, KALAU PAKAI CHARGER HP LAIN MMG GAK NGANGKAT KRN SDH DISESUAIKAN.

      Delete
    2. Risqi inget harus Pake charger (adaptor dan kabelnya) bawaan agar baterai tidak cepat rusak. Sebaiknya hindari pula menggunakan powerbank kecuali terpaksa sekali.

      Delete
  5. Kenapa ngecas tak boleh pakai powerbank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bukannya tidak boleh bro, tapi harus lebih hati-hati. Perhatikan daya output powerbank agar sesuai dengan baterai dan pastikan saja bahwa powerbank yang digunakan adalah original agar baterai tidak cepat rusak.

      Delete
  6. Charger asli xiaomi kan colokan gepeng, kalo beli di toko elektronik trus colokan nya di sambung ke colokan bulet apa bakal pengaruh sama kecepatan isi batre?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak akan menghambat bro, saya sudah buktikan. sorry baru reply

      Delete
  7. Selamat pagi om, saya mau nanya, kalau misalnya smartphone Xiaomi khusus gaming itu berapaan ya harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga terbaru lihat di lazada aja gan, biasanya di harga di lazada gak jauh beda selisihnya dengan harga toko offline.

      Delete
  8. Mau nanya saaya ngecas redmi n3 dru 10% ampe full .. Tpi waktu ngecas ny selalu beda" walau cuman beda 5 sampai 10 menit .. Kenapaya?

    ReplyDelete
  9. lumayan juga spesefikasi dan harganya ini min...
    power supply 30v 5a

    ReplyDelete

PSP Emulator for Android, Popular Game & Android Phone List

There are several PSP emulators for Android available, and each one has its pros and cons. Some of the most popular ones are: 1. PPSSPP - PP...