Aplikasi Stem Gitar dengan Android

Berbicara seputar musik memang tidak pernah ada habisnya. Musik sudah ada bahkan sejak ribuan tahun yang lalu dengan karakternya tersendiri. Jaman dahulu hingga sekarang, musik dimainkan untuk berbagai tujuan, baik spiritual seperti ritual keagamaan, sambutan kepada tamu pejabat istana kerajaan hingga untuk tujuan yang bersifat non formal seperti hiburan. Namun sekarang ini musik lebih sering dimainkan untuk tujuan hiburan yang ditunggangi oleh semangat bisnis.

Selain hiburan, musik juga memiliki fungsi laten atau tujuan tersembunyi bagi pendengarnya. Misalnya saja musik orkestra di negeri barat, orang-orang yang menonton musik orkestra akan merasa menjadi orang yang eklusif dan memiliki selera musik yang tinggi karena memang pada jaman dulu pagelaran musik biasa ditonton oleh para bangsawan pada masa itu. Contohnya seperti mendengarkan musik yang dimainkan oleh Mozart Vivaldi dan lainnya. Apabila dihitung secara persentase mungkin tergolong sedikit orang yang mampu menikmati musik klasik khususnya di Indonesia dibandingkan genre musik yang lain.


Memainkan musik tidak hanya memerlukan skill tetapi juga alat-alat yang memadai agar menghasilkan irama yang sesuai dengan harapan pemainnya. Salah satu alat musik yang sudah ada ribuan tahun yang lalu dan masih exist hingga sekarang yaitu gitar. Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. [1]

Gitar tidak bisa dimainkan begitu saja tetapi membutuhkan keahlian dalam melakukan stem. Gitar di stem (disetel) agar menghasilkan nada yang sesuai dengan aturan umum kunci-kunci (chord) dalam memainkan gitar. Tidak jarang para pemula bahkan para profesional sekalipun menggunakan alat bantu untuk menyetem gitar untuk mempersingkat waktu serta akurasi nada yang dihasilkan.

Sekarang ini alat bantu untuk stem gitar tidak terbatas pada satu alat saja tetapi juga dapat menggunakan alat lainnya seperti handphone smartphone seperti android. Di Google Play banyak tersedia aplikasi untuk menyetem gitar bahkan dapat pula digunakan untuk menyetem alat musik lainnya seperti biola. Salah satu aplikasi gratisan dengan akurasi yang bagus yaitu ;


PitchLab Guitar Tuner






PitchLab Guitar Tuner memberikan akurasi yang sangat bagus dan tidak kalah pentingnya yaitu tidak adanya penayangan iklan alias saat digunakan. Aplikasi ini tidak terbatas pada penggunaan gitar semata, namun dapat digunakan untuk segala sesuatunya yang berkaitan suara seperti mengetahui nada suara atau vokal yang tentunya bermanfaat bagi orang yang tertarik untuk menjadi penyanyi profesional.


Guitar Tuna



 


Serupa dengan PitchLab, Guitar Tuna juga merupakan aplikasi untuk alat musik khususnya stem alat musik gitar. Tidak ada spams iklan saat penggunaan serta akurasi yang sangat baik menjadikan aplikasi ini populer dikalangan pemula hingga profesional. Guitar Tuna semula dibuat untuk iPad saja namun sekarang sudah merambah ke Android.

Demikian beberapa aplikasi alat musik yang sangat berguna untuk menunjang hobi dalam bermusik. Masih banyak aplikasi gratis serta premium di Google Play yang dapat dipilih sesuai dengan selera masing-masing.


[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Gitar

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Aplikasi Stem Gitar dengan Android"

PSP Emulator for Android, Popular Game & Android Phone List

There are several PSP emulators for Android available, and each one has its pros and cons. Some of the most popular ones are: 1. PPSSPP - PP...