V30C INDONESIA & V30E INDIA ?

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai Firmware V30E versi India. Sebagian pengguna LG Optimus Black mungkin sudah tahu mengenai hal itu. Tetapi semenjak hari ini belum ada yang secara jelas berbagi pengalaman mengenai peforma firmware tersebut. Maka dari itu saya pikir informasi kali ini rasanya masih relevan untuk disimak.

Seperti yang kita ketahui, LG P970 untuk Indonesia hanya memiliki firmware V30C saja, namun peforma yang diberikan sangatlah menyedihkan. V30C menggunakan RAM yang cukup besar sehingga rata-rata hanya menyisakan 100 MB RAM saja. Apabila ditambahkan dengan aplikasi seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan BBM (Black Berry Messenger) maka RAM yang tersisa akan menjadi lebih sedikit hingga 40MB RAM. Dalam kondisi RAM yang sangat sedikit itu bisa dibayangkan untuk membuka aplikasi drawer saja sudah lambat.

Dari Segi Baterai, V30C hampir membuat ponsel sebagai barang pajangan belaka. Bagaimana tidak, baterai dalam kondisi Full Standby kira-kira hanya dapat bertahan kira-kira 5 - 7 jam. Jika digunakan untuk melihat SMS / Telpon atau notifikasi mungkin hanya bertahan kurang lebih selama 4 JAM. Dengan kondisi seperti ini tentunya membuat kita tidak nyaman menggunakannya karena bisa saja handpone kita akan mati ditengah jalan.

Dari keadaan peforma yang sangat menyedihkan itu, muncullah Firmware V30E dari India. Nampaknya sangat menjanjikan, banyak harapan yang tertuju pada firmware yang satu ini. Namun, setelah dicoba beberapa hari peforma yang diberikan hampir sama dengan V30C. Bisa dikatakan jika dilihat dari segi peforma, V30C = V30E. Dengan kenyataan ini memang nampaknya memang harus ganti Handphone agar tidak disulitkan dengan permasalahan yang serupa seperti ini. Tetapi jika dipikir lebih lanjut, nampaknya tidak pair jika menyerah sebelum berperang.

Lantas bagaimana solusinya ?

Insting pengguna android pasti sudah tahu apa yang harus dilakukan jika dihadapi dengan peforma yang buruk, daya baterai yang keok, dll. Jawabanya sederhana, ..... ya betul. Jawabannya tidak lain adalah Custom ROM.

Custom ROM CyanogenMod khususnya versi cm-10.1-20140112-NIGHTLY-p970.zip yang saya coba memberikan peforma yang dapat menghilangkan kesedihan kita. Daya tahan baterai terbilang lebih baik daripada V30C atau V30E. Google Map juga berfungsi dengan baik yang dapat men-lock GPS dalam waktu kurang dari 2 detik. Suara yang dihasilkan juga tetap jernih, baik loudspeaker maupun melalui headset. Hingga saat ini CM 10.1 sangat cocok digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Namun masih ada satu kekurangan yang saya perhatikan yaitu pada kamera. Hasil photo atau video mungkin tidak sebagus V30C/V30E namun perbedaannya tidaklah begitu mencolok.

Bagaimana dengan MIUI ROM ? terakhir kali saya coba MIUI ROM sangat unggul dibidang tampilan, namun dari segi peforma agak lambat. Bagi yang tidak suka dengan sesuatu yang lambat saya anjurkan menggunakan Cyanogen saja. Meskipun demikian, MIUI dan Cyanogen masih dalam tahap pengembangan. Versi yang berbeda akan memberikan pengalam yang berbeda pula. Maka dari itu jangan malas mencoba, barangkali suatu hari ROM yang dikembangkan tersebut dapat memenuhi keinginan kita.

Bagaimana cara install Custom ROM ? Lihat Disini
Download Cyanogenmod ? Lihat Disini
Firmware semua HP LG ? Lihat disini
Firmware LG Optimus Black (LG P970) ? Lihat disini.

Demikian informasi kali ini semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " V30C INDONESIA & V30E INDIA ?"

PSP Emulator for Android, Popular Game & Android Phone List

There are several PSP emulators for Android available, and each one has its pros and cons. Some of the most popular ones are: 1. PPSSPP - PP...